Makna Belajar


Suatu waktu saya pernah berpikir tentang proses sebuah kelahiran. Ada seekor anak jerapah yang baru lahir, baru saja keluar dari perut induknya. Tak perlu menunggu waktu lama, hanya beberapa jam saja maka anak jerapah tersebut bisa berdiri. Bahkan sudah bisa berjalan dan berlari. Berbeda dengan manusia, saat baru dilahirkan tak ada daya apapun kecuali menangis. Diperlukan waktu yang lama untuk dapat berjalan, bahkan melalui beberapa tahapan seperti merangkak, berdiri dan seterusnya.

Ternyata setelah dipikir secara mendalam manusia diberi kelebihan yang luar biasa dibandingkan para hewan. Kita diberi kemampuan untuk belajar oleh Allah. Kita diberi kesempatan berproses untuk menjadi bisa dan tahu. Pada awalnya tidak bisa sama sekali, kemudian mencoba dan berproses dan akhirnya bisa. Bukankah kita awalnya kita tidak bisa baca dan tulis, kemudian kita belajar hingga baca dan tulis bahkan kita bisa berhitung, menggambar, melukis, bernyanyi dan sebagainya. Semua itu kita dapatkan melalui proses belajar.
Belajar memberikan sebuah hal yang tidak bisa kita lakukan menjadi bisa kita lakukan. Dan tak lupa dalam proses itu biasanya kita dibimbing oleh seorang guru atau mentor yang tak kenal lelah untuk membimbing kita. Mereka yang telah mendedikasikan hidupnya untuk menuangkan ilmu kepada murid-muridnya yang haus pengetahuan. Belajar pun tidak selalu identik dengan sekolah, kalau sudah tidak sekolah haruskah kita berhenti belajar. Belajar tentunya mencakup seluruh aspek kehidupan. Dari hal yang kecil dahulu, mungkin dulu kita mudah sekali marah tapi cobalah belajar untuk tersenyum dan berbaik sangka kepada semua orang. Percayalah bahwa belajar merupakan sesuatu yang diberikan kepada manusia agar menjadi mahluk yang lebih baik….:D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: